Sunday, January 29, 2017

Cara Membuat NFT Dari Paralon

Apa ada disini yang pernah mendengar NFT? Pastinya diantara kita masih merasa asing dengan hal yang satu ini,  tapi mungkin bagi orang yang hobi menanam pastinya merasa tak asing dong?

NFT atau Nutrient Film Technique merupakan salah satu cara dalam menanam hidronik yang menggunakan air sebagai media pengganti tanah dimana akar tumbuhannya berada cukup dangkal di nutrisinya. Sehingga tumbuhan mendapatkan oksigen dengan baik tapi tidak lupa juga mendapatkan air serta nutrisi secara maksimal agar tumbuhan dapat bertumbuh dengan sempurna.

Inspirasi Gambar Model NFT Dari Paralon









Mungkin Anda tertarik untuk melakukannya dirumah. Jika Anda benar-benar tertarik dengan cara ini Anda tentunya perlu memperhatikan air yang Anda gunakan sebagai media tanam harus mengalir dengan sempurna begitu juga nutrisinya yang seimbang. Untuk caranya yuk simak sebagai berikut.

Tutorial Membuat NFT Dari Paralon


1. Cara menanam hidroponik dengan cara NFT pertama. 
Alat serta bahan yang diperlukan adalah. Talang air yang memiliki panjang 1m sejumlah 6 buah, styrofoam berukuran 1m sejumlah 6 buah yang akan dijadikan sebagai penutup dari talang air, dan pipa air sebagai benda aliran air.

Pertama-tama yang harus Anda perbuat ialah membuat lubang di Styrofoam yang akan dijadikan tempat tanam sejumlah 5 buah, dengan masing-masing ukuran lubangnya berdiameter 6cm. Pasang styrofoam ke talang air serta pasang pipa di ujung keduanya sebagai tempat untuk aliran air.

Anda dapat menyusunnya secara vertikal dengan rak yang mungkin sudah Anda buat sendiri atau juga Anda dapat membuatnya. Cara menanam tumbuhannya juga mudah, Anda hanya tinggal menaruh bibit tanaman lalu memberikan berupa rockwoll sebagai media tanam.

2. Cara menanam hidroponik dengan cara NFT kedua. 
Alat serta bahan yang diperlukan. Bor listrik yang mata bornya hidroponik, gergaji besi, paralon dengan diameter setidaknya 3 inchi sejumlah 2 buah, tang,  paralon dengan ukuran diameter 0.5 inchi sejumlah 7 buah,  tutup paralon sejumlah 8 buah dengan ukuran setidaknya 3 inchi, pompa akuarium, selang,  gelas plastik dengan bagian bawahnya telah dilubangi, sekam bakar, paralon dengan bentuk L,  dan sambungan paralonnya mempunyai drat, ember, dan lem paralon, dan terakhir fiber.

  1. Potonglah paralon hingga menjadi 3" dan menjadi 4 bagian lalu beri lubang menggunakan bor listrik. Tetapi sebaiknya Anda mengukurnya sesuai keingan Anda terlebih dahulu.
  2. Buat lubang di penutup paralon, pastikan agar lubangnya sesuai dengan drat untuk sambungan paralon. 
  3. Buat instalasi, caranya Anda menyusun paralon dengan cara vertikal lalu pasang juga pipa air di ujung paralon. Dilain hal Anda juga dapat memberikan sedikit kreativitas Anda yang dapat di sesuaikan dengan Instalasi. Selanjutnya pasang drat. 
  4. Lalu, pompa air selanjutnya dimasukkan di dalam ember yang sudah terdapat air nutrisi. Sambungkan pompa air dengan selang supaya air dapat mengalir menuju ke bagian atas. 
  5. Dan setelahnya Anda dapat memasukkan hasil pekerjaan media tanam yang telah Anda buat ke gelas plastik yang sudah diberi lubang sembari meletakkan bibit tumbuhan. Lalu Anda dapat memasukkan gelas tersebut ke paralon. Selesai.

Video Cara Membuat NFT Dari Paralon

Itulah cara membuat NFT dari paralon. Sebagai media tanam tanpa menggunakan tanah melainkan air. Bagaimana? Anda tertarik untuk mencobanya? Setelah membaca artikel ini apa Anda tergerak berkeinginan melakukannya? Tentunya cara ini bermanfaat bagi Anda yang suka dalam hal berkebun, tidak ada salahnya untuk mencoba hal positif. Selamat mencoba.
Share: