Saturday, January 28, 2017

9 Macam Tanaman Hias Dalam Rumah Paling Populer

Tanaman hias memiliki bermacam-macam jenis tergantung dengan penempatannya, ada yang digunakan untuk penghias luar ruangan (outdoor), dan ada juga yang digunakan untuk penghias dalam ruangan (indoor). Beberapa tanaman hias yang digunakan sebagai hiasan indoor ini umumnya memiliki kegunaan lain selain penambah nilai estetika, seperti misalnya menyerap udara kotor/polusi, membersihkan dan menyejukkan udara, sekaligus membuat pemiliknya menjadi lebih segar dan sehat.

Berikut ini akan kami jabarkan mengenai jenis-jenis tanaman hias yang umum dijumpai sebagai hiasan dalam rumah.

1. Lidah Buaya
Tanaman herbal yang satu ini merupakan penghias dalam ruangan yang bagus, cukup dimasukkan ke dalam pot dan diletakkan pada sudut ruangan. Selain itu, tanaman ini juga memiliki banyak sekali manfaat seperti pembersih kulit muka, penyubur rambut, bahan baku kosmetik, obat-obatan herbal alami, dan lain sebagainya.

2. Sirih Gading
Tanaman ini dapat berfungsi sebagai penyerap zat-zat beracun serta memberikan udara segar dalam ruangan. Sirih gading juga mudah untuk ditanam karena dapat tumbuh hanya dengan menggunakan media air putih.

3. Palem

Palem hias yang digunakan sebagai hiasan indoor umumnya berukuran kecil dan diletakkan dalam sebuah pot. Tanaman ini sering sekali kita jumpai di dalam rumah atau perkantoran karena memberikan nuansa sejuk dan enak dipandang. Ada bermacam-macam jenis palem hias di Indonesia, seperti palem kuning, palem kol, palem phoenix, dan lain-lain.


4. Anthurium

Daya tarik utama tanaman ini adalah bentuk daunnya yang indah, unik, dan bervariasi. Tidak aneh jika tanaman ini memiliki kesan mewah dan eksklusif karena jaman dahulu tanaman ini sering dijadian hiasan taman kerajaan-kerajaan di Jawa. Tanaman ini tidak membutuhkan banyak ruang untuk penyimpanannya, sehingga cocok untuk dijadikan hiasan pada meja sudut ruang tamu ataupun jendela.

5. Karet Kebo

Karet kebo merupakan tanaman yang banyak tumbuh di daerah India, Sri Lanka, dan Asia tenggara termasuk Indonesia. Dengan daun yang tebal, lebar, serta kaku, tanaman ini kuat terhadap udara dalam ruangan tanpa terkena sinar matahari langsung sehingga cocok untuk dijadikan hiasan dalam ruangan.

6. Lidah Mertua

Meskipun namanya terdengar aneh, tanaman yang satu ini sering dijumpai di dalam ruangan karena fungsinya sebagai penyerap racun dalam udara. Lidah mertua juga disebut-sebut dapat menyerap radiasi yang dihasilkan layar TV atau monitor. Tanaman ini hanya membutuhkan sedikit air dan sinar matahari untuk tumbuh subur, dan dapat hidup pada suhu panas maupun dingin sehingga tahan untuk disimpan dalam ruangan yang memiliki AC/pendingin ruangan maupun tidak.

7. Lili Paris

Tanaman ini berasal dari Afrika Selatan dan memiliki ciri-ciri daun berwarna terang berpadu dengan warna hijau muda pada bagian pinggirnya. Lili paris dapat tumbuh hingga 60cm, sehingga cocok untuk diletakkan dalam pot kemudian dijadikan tanaman hias gantung dalam ruangan.

8. Sri Rejeki

Dikenal juga dengan nama aglaonema atau Chinese evergreen, tanaman ini dapat tumbuh dengan baik dalam intensitas sinar matahari yang rendah dan kelembaban yang tinggi, menjadikan tanaman ini salah satu tanaman ideal untuk dijadikan tanaman hias di dalam ruangan. Dengan ragam daun yang bervariasi dan menarik, tanaman Sri Rejeki akan meningkatkan keindahan tempatnya berada.

9. Philodendron

Tanaman ini digemari karena memiliki daya tahan yang tinggi, ia mampu bertahan meskipun dengan cahaya yang minim dan dalam ruangan ber AC. Philodendron justru kurang menyukai sinar matahari, oleh karena itu perlu berhati-hati dalam meletakkan tanaman ini agak tidak terkena sinar matahari langsung. Ada banyak sekali jenis philodendron, namun umumnya mereka memiliki daun yang lebar berwarna hijau dan bentuknya bermacam-macam tergantung jenisnya.
Share:

0 comments:

Post a Comment