Wednesday, January 25, 2017

Aneka Ragam Tanaman Hias yang Tahan Terhadap Cuaca Panas

Tanaman hias di dunia ini bermacam-macam jenisnya, dan masing-masing memiliki habitatnya sendiri. Indonesia memiliki iklim tropis dengan cuaca yang cukup panas, sehingga tanaman hias yang cocok untuk dibudidayakan disini haruslah memiliki daya tahan terhadap panas yang cukup tinggi.

Berikut ini kami tampilkan tanaman-tanaman hias yang tahan terhadap cuaca panas :

Kaktus


Dengan habitat aslinya yaitu padang gurun yang tandus, tanaman kaktus memiliki daya tahan tinggi terhadap cuaca panas dan dapat tumbuh dalam waktu yang cukup lama tanpa air. Hal ini disebabkan kaktus memiliki daun berbentuk duri untuk mengurangi penguapan air melalui daun, akar yang panjang untuk memperlebar penyerapan air dalam tanah, dan ruangan dalam batangnya yang berfungsi untuk menyimpan air. Tanaman hias yang satu ini sangat cocok bagi mereka yang tidak ingin repot karena perawatannya amat mudah dan tidak memakan tempat. 

Bougenville


Tanaman hias yang memiliki bunga berwarna-warni ini merupakan salah satu tanaman hias paling populer di Indonesia. Tanaman ini juga dikenal dengan nama bunga kertas, karena kelopaknya yang tipis seperti kertas. Bougenville mempunyai variasi warna yang amat banyak, namun ada 5 macam variasi warna yang paling umum dijumpai yaitu pink, oranye, ungu, putih, dan kuning.

Selain warnanya yang indah dan menarik, bunga kertas ini juga tidak memerlukan banyak air dan dapat tumbuh dimana saja karena bunga ini cocok untuk ditanam di iklim tropis seperti Indonesia.

Kamboja


Kamboja merupakan tumbuhan yang tergolong ke dalam marga Plumeria. Tanaman hias yang satu ini identik dengan kuburan karena pada jaman dahulu sering ditanam sebagai tumbuhan peneduh dan penanda tempat pada areal pemakaman. Meskipun tidak ada yang merawat, tanaman ini dapat tetap tumbuh subur di pemakaman-pemakaman karena ia mampu beradaptasi dengan kondisi sekitarnya selama terkena paparan sinar matahari langsung. Di pulau Bali, tanaman ini sangat populer sehingga anda dapat menemukan bunga ini hampir di setiap pura dan sudut kampung.

Lidah Mertua


Tanaman hias yang satu ini cukup populer sebagai hiasan indoor karena hanya membutuhkan sedikit air dan sinar matahari. Ia juga memiliki beragam macam kegunaan seperti menetralisir udara kotor, menyerap radiasi, menghilangkan bau, dan lain sebagainya. Cara penanamannya pun cukup mudah, cukup sediakan campuran tanah, kompos, dan sekam bakar. Lidah mertua dapat hidup pada suhu 4-37 derajat Celcius, menjadikannya sebagai tanaman hias yang tahan terhadap cuaca panas maupun dingin.

Lidah Buaya


Manfaat lidah buaya atau dikenal juga dengan Aloe Vera merupakan tanaman herbal yang memiliki sejuta manfaat. Mulai dari penghias pekarangan, bahan baku industri makanan, tanaman obat, kosmetik alami, penyubur rambut, dan masih banyak lagi. Tanaman ini juga tahan akan panas dan cuaca kering, sehingga perawatannya tidak terlalu sulit. Cukup ditanam pada pot atau pekarangan dan diberi air secukupnya, maka ia akan tumbuh subur.

Krisan/Seruni


Bunga Seruni atau lebih dikenal dengan nama bunga Krisan adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki daya tahan cukup tinggi pada cuaca panas, sehingga cocok untuk ditanam di daerah tropis seperti Indonesia.
Tanaman ini memiliki aroma yang wangi dan bentuk kelopak yang indah, menjadikannya salah satu tanaman hias yang cukup populer untuk ditanam di pekarangan rumah.

Lili Paris


Tanaman hias jenis semak yang satu ini memiliki nilai artistik yang cukup bagus dan perawatan yang mudah, sehingga banyak digunakan oleh desainer taman ataupun tukang kebun dalam pembuatan taman-taman. Memiliki nama latin Chlorophytum, tanaman ini masih satu famili dengan asparagus dan merupakan tanaman asli daerah tropis, sehingga dapat dipastikan tahan terhadap cuaca panas.

Palem


Tanaman yang satu ini sering kita lihat dimana-mana, mulai dari jalur hijau di pinggir jalan hingga di sudut-sudut pusat perbelanjaan. Palem termasuk ke dalam suku pinang-pinangan atau Arecaceae. Umumnya anggota suku ini memiliki ukuran yang tinggi dan besar, seperti pohon Kelapa. Namun ada juga tanaman palem berukuran kecil atau sedang yang digunakan sebagai tanaman hias. Palem hias ini cukup populer karena mudah ditanam, dan memiliki akar yang mampu menyerap air secara mandiri dari dalam tanah sehingga tidak perlu disiram.
Share:

0 comments:

Post a Comment