Friday, January 27, 2017

Jual Benih Tanaman Sayur

Sayuran merupakan komponen pangan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang dapat dijadikan sayur. Sayur itu sendiri merupakan makanan pendamping untuk nasi yang memiliki kuah, baik encer ataupun kental. Umumnya sayuran memiliki kadar air yang tinggi dan dapat dikonsumsi dalam keadaan segar atau diolah secara minimal, beberapa bahkan dapat langsung disantap secara mentah.

Sayuran juga merupakan makanan yang menyehatkan karena hanya mengandung sedikit protein dan lemak, tetapi kaya akan vitamin, mineral, serat, dan karbohidrat. Semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita terdapat dalam berbagai macam sayuran, sehingga memungkinkan manusia untuk dapat hidup hanya dengan menyantap sayur-sayuran saja. Hal ini yang mendorong sebagian orang untuk beralih ke gaya hidup tidak memakan daging alias vegetarian yang dinilai lebih sehat.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk keamanan dalam menyantap sayuran ini, seperti sayuran untuk dimakan harus bersih dan segar, bebas pestisida, tidak rusak ataupun memar, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, masyarakat modern banyak memilih untuk menanam sendiri sayuran kebutuhan mereka sehingga kualitasnya dapat lebih terjaga.

Agar mendapat hasil panen kualitas terbaik, maka harus menggunakan bibit berkualitas terbaik juga. Anda dapat membeli bibit-bibit unggul berkualitas tinggi untuk kebun anda di toko-toko terpercaya seperti bibitbunga .com

Berikut ini benih-benih sayuran yang tersedia pada toko tersebut :
Benih Bawang
Bawang merupakan bumbu masak paling dasar dan digunakan oleh hampir semua jenis masakan, mulai dari bawang merah, putih, maupun Bombay. 

Benih Bayam

Sayuran berdaun hijau ini sangat bagus untuk dikonsumsi karena mengandung zat besi yang cukup banyak.

Benih Bit Merah
Sejenis umbi-umbian yang memiliki warna merah yang kuat sehingga banyak digunakan sebagai pewarna makanan. Umbi ini termasuk sebagai salah satu bahan dalam pembuatan kue red velvet.

Benih Brokoli

Tanaman hijau yang masih satu famili dengan kailan dan pak choy, sayuran ini kurang disukai anak-anak karena rasanya. Namun sesungguhnya brokoli memiliki cita rasa tersendiri dan bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

Benih Buncis
Sejenis polong-polongan yang kaya akan protein ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengawal kadar gula dalam darah. Ia juga memiliki kadar serat yang cukup tinggi.

Benih Cabe

Dapat diklasifikasikan sebagai bumbu ataupun sayuran, cabe atau cabai merupakan bahan makanan paling populer di Indonesia. Hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki makanan khas yaitu sambal yang dibuat dengan bahan dasar cabai.

Benih Chard
Chard adalah sejenis sayuran hijau yang banyak digunakan dalam masakan daerah Mediterania atau Laut Tengah seperti Yunani, Italia, dan lain-lain. Warna daunnya bervariasi antara merah gelap atau hijau.

Benih Courgette

Courgette atau lebih dikenal dengan nama Zucchini adalah varietas timun dan labu-labuan yang berasal dari Amerika dan dikembangkan di Italia. Namun di Indonesia ia lebih dikenal dengan nama timun Jepang.

Benih Jagung
Jagung dikenal sebagai salah satu sumber utama karbohidrat selain gandum dan padi. Ia merupakan makanan pokok bagi penduduk Amerika Tengah dan Selatan, sebagian penduduk Afrika, dan juga pada beberapa tempat di Indonesia.

Benih Kacang Panjang

Seperti buncis, kacang panjang juga merupakan sumber protein yang baik. Bagian yang cocok untuk dijadikan sayur adalah buahnya yang masih muda dan serat-seratnya lunak.

• Benih Kale
Kale merupakan sayuran dengan kandungan nutrisi yang luar biasa sehingga disebut-sebut sebagai makanan tersehat di dunia. Sayuran ini sudah dikonsumsi sejak jaman Romawi Kuno dan merupakan sayuran paling umum dijumpai di Eropa hingga abad pertengahan. Kailan merupakan salah satu spesies kale yang berasal dari China yang namanya diambil dari pelafalan dalam bahasa Kanton yaitu Gai-Lan.

• Benih Kangkung

Kangkung merupakan salah satu tanaman paling umum dijumpai di Asia karena tumbuh hampir di setiap kawasan berair. Perawatannya yang cukup simple dan rasanya yang enak ketika diolah menjadi makanan membuat sayuran ini menjadi favorit dimana-mana.

• Benih Kembang Kol
Masih satu keluarga dengan kubis, brokoli, dan kale, kembang kol atau cauliflower umumnya hanya bagian kepala bunganya yang berwarna putih saja yang dimakan.

Benih Kohlrabi

Dikenal juga dengan nama lobak Jerman atau lobak kubis, kohlrabi dapat dikonsumsi secara mentah ataupun dimasak terlebih dahulu. Warnanya bermacam-macam mulai dari putih, hijau, hingga keungu-unguan.

• Benih Kubis
Kubis merupakan sayuran hijau yang erat kaitannya dengan brokoli dan kembang kol. Bagian kepala dari kubis umumnya berwarna hijau, putih, atau ungu. Sayuran ini paling banyak dikonsumsi di daerah Rusia, dan merupakan sumber yang baik untuk vitamin C dan K.

• Benih Lobak

Lobak adalah sejenis umbi-umbian yang dibudidayakan dan dikonsumsi secara luas di seluruh dunia. Lobak yang paling umum dijumpai di Indonesia adalah lobak putih, yang berbentuk seperti wortel namun berwarna putih. Ukuran lobak putih ini umumnya lebih besar dan lonjong dibandingkan lobak dari benua Eropa yang lebih berwarna warni dan bulat.

Benih Mentimun
Mentimun merupakan sayuran yang berasal dari keluarga labu-labuan. Bagian yang biasa kita makan adalah buahnya, yang sering kita jumpai sebagai hiasan atau garnish pada hampir setiap masakan.

Benih Microgreen & Sprouts

Microgreen dan sprout/kecambah merupakan makanan yang bergizi tinggi. Ada perbedaan mendasar antara microgreen dengan kecambah, yaitu bagian yang dikonsumsi pada microgreen hanyalah daun dan batangnya saja, sementara kecambah seluruh bagiannya dikonsumsi.

Benih Mustard
Tanaman yang satu ini dikenal sebagai tumbuhan yang dimanfaatkan bijinya sebagai penghasil minyak nabati dan rempah yang disebut dengan mustard atau moster. Rempah yang memiliki bentuk seperti saus kental ini rasanya agak pedas dan menyengat. Nama lain untuk tanaman jenis ini adalah sesawi.

Benih Okra

Tanaman berbunga abadi ini termasuk ke dalam jenis kapas-kapasan atau Malvaceae. Okra dikenal juga dengan nama ochro, gumbo ataupun lady’s finger. Disebut demikian karena bentuknya yang mirip dengan jari telunjuk seorang wanita. 

Benih Oyong (Gambas)
Oyong atau disebut juga dengan Gambas terkenal sebagai sayuran yang kaya akan gizi. Umumnya dimasak dalam sayur berkuah bening atau sop yang hangat. Bentuknya mirip dengan timun atau pare.

Benih Pak Choy

Sayuran yang umum digunakan pada masakan Chinese ini memiliki citarasa agak renyah namun lembut ketika dimakan setelah dimasak. Merupakan salah satu dari jenis kubis-kubisan yang berasal dari China, sayuran ini mudah dijumpai di daerah Asia Tenggara.

Benih Paprika
Merupakan sejenis cabe yang dapat digunakan sebagai bumbu masak maupun tanaman hias, paprika dikenal dengan nama bell pepper atau capsicum di luar negeri. Berasal dari suku terong-terongan, paprika memiliki banyak variasi warna seperti hijau, kuning, dan merah.

Benih Paria (Pare)

Sayuran dengan rasa yang pahit ini sebenarnya memiliki banyak sekali khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan. Meskipun memiliki rasa pahit yang melekat, pare amat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin karena berfungsi sebagai pembersih darah alami sekaligus baik untuk kesehatan kulit dan rambut.

Benih Pea & Bean
Pea & bean merupakan macam-macam jenis polong-polongan atau kacang-kacangan seperti kacang kapri, kacang merah, ataupun kacang kedelai.

Benih Sawi

Sawi adalah tanaman yang memiliki kekerabatan erat dengan kubis dan kol. Jenis sawi yang paling populer di Indonesia adalah sawi hijau yang biasa disebut dengan caisim dan sawi putih. Umumnya diolah menjadi sop atau pelengkap dalam jajanan bakso.

Benih Selada
Selada merupakan sayuran yang mudah untuk dibudidayakan dan hasil panennya cukup sering. Umumnya dikonsumsi secara mentah dan banyak dijumpai sebagai pelengkap makanan seperti hamburger, hotdog, sandwich, dan lain-lain. Sayuran ini memiliki tekstur yang lembut dan renyah tanpa perlu dimasak, sehingga cocok untuk dijadikan salad atau lalapan.

Benih Seledri

Seledri banyak digunakan sebagai bumbu masak untuk masakan-masakan jenis sop, soto, ataupun bubur karena aromanya yang khas. Menurut penelitian, mengkonsumsi sayuran ini dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan anti reumatik.

Benih Terong
Sayuran yang berasal dari India dan Srilanka ini umumnya berwarna ungu dan hijau, namun ada juga varietas lain yang berwarna putih. Terong juga masih berkerabat dengan kentang dan juga leunca, sayuran yang umumnya dijumpai dalam makanan Sunda yaitu karedok.

Benih Tomat

Buah yang sering dianggap sebagai sayur ini memiliki banyak kegunaan dalam dunia masakan, mulai dari sebagai hiasan, bahan dasar aneka macam saus, perasa, dan masih banyak lagi. Umumnya berwarna merah, namun banyak juga varietas lain yang berwarna hijau, kuning, putih, ungu, hingga agak kehitaman.

Benih Turnip dan Parsnip
Turnip dan Parsnip merupakan jenis sayuran umbi yang memiliki cita rasa yang ringan dan lembut. Perbedaan mendasar antara Turnip dan Parsnip adalah Turnip memiliki bentuk yang bulat dan kaya akan vitamin C, sementara Parsnip berbentuk lebih lonjong seperti wortel yang berwarna krem.

Benih Wortel

Sayuran yang sering diidentikkan sebagai makanan kelinci ini merupakan umbi-umbian berwarna oranye cerah yang kaya akan vitamin A. Citarasanya yang agak manis membuat sayuran ini populer untuk dijadikan sop ataupun masakan berkuah.
Share: